Jumat, 14 Desember 2018

5 Rekomendasi Tinta Terbaik untuk Print Kaos

Juyinzu - Tinta yang dipakai untuk print kaos berbeda dengan tinta pada umumnya. Anda membutuhkan tinta khusus agar bisa diaplikasikan di atas kain. Selain itu, tinta tersebut harus bisa bertahan lama meski kaos yang disablon dicuci bahkan dijemur. Berikut beberapa tinta yang direkomendasian menjadi tinta terbaik.

print kaos

1. Tinta Rubber 

Tinta yang pertama yaitu tinta Rubber. Tinta ini terbuat dari bahan dasar karet. Sehingga jika Anda memegang hasil rubber, tekstur tinta ini sangat elastis dan padat. Jika diterapkan untuk kaos, tinta ini cukup pas dipakai semua jenis dan warna kaos. Selain itu, penampilannya akan lebih bagus. Anda akan merasakan tekturnya akan terasa begitu elastis dan padat. 

Jika diterapkan pada sebuah kaos, tinta ini cocok untuk dipakai pada semua jenis dan warna t-shirt. Tinta Rubber pun cocok dipakai sebagai tinta underbase untuk kaos berwarna gelap, sebelum ditimpa lagi dengan tinta berwarna. Ketahanan tinta ini cukup awet meski dicuci berulang-ulang. 

2. Tinta Superwhite 

Tinta yang kedua ini memiliki hasil cetakan yang unik. Sifatnya cepat menyerap di kain serta kulitasnya sangat bagus di atas kain putih. Sedangkan untuk tinta warna pun sama. Justru cenderung terlihat lebih pudar jika diaplikasikan pada kaos yang terang. Meski demikian, warnanya sangat cocok jika diaplikasikan pada gambar desain dengan tema vintage. 

3. Tinta Plastisol 

Tinta Plastisol sering dipakai pada print kaos jenis sablon manual. Bahannya yaitu PVC atau minyak. Sayangnya, proses pengering cukup lama dan cukup sulit kering di bawah suhu 160 derajat. Namun, jika berhasil tinta plastisol akan kuat pada kain.  

Kelebihan yang sangat terlihat dari tinta ini yaitu sangat efektif digunakan untuk mencetak desain yang berukuran kecil. Kualitas sablon dengan menggunakan tinta plastisol memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran karena berbanding lurus dengan prosesnya yang tidak mudah. 

4. Tinta Discharge 

Jenis tinta berikutnya yaitu kombinasi antara Superwhite dan bahan khusus. Kedua bahan kimia tersebut dapat menghasilkan sebuah cetakan sablon yang natural dan soft. Penggunaan tinta jenis ini sangat terbatas misal hanya untuk kaos hitam dan dongker. Bahan kain yang bisa menyerap tinta hanya murni katun bukan polyester atau sintetis. 

5. Tinta Glow in the Dark 

Tinta jenis ini bisa menyala di keadaan yang gelap. Anda butuh trik khusus dalam hal mengombinasi bahan-bahannya. Tinta ini biasa dicampur dengan bahan fosfor yang sering dikenal menyerap cahaya sehingga akan bereaksi saat gelap. Selain itu, tinta ini bisa dicampur dengan rubber dan plastisol sebagai underbase sehingga hasilnya maksimal. 

Anda bisa memilih jenis tinta yang diinginkan sesuai kebutuhan untuk membuat print kaos dtg. Selain itu, Anda bisa menggabungkan beberapa tinta agar hasilnya maksimal. Namun, sebelum itu Anda harus bertanya pada jasa pembuatan sablon dulu apakah penggabungan tinta tersebut bisa dilakukan atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar