Senin, 12 November 2018

E-Commerce B2B Indonesia : Jenis-Jenis E-Commerce yang Ada di Indonesia

Juyinzu - E-commerce B2B Indonesiamenjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dan kecanggihan di dunia jual beli. Kita tahu bahwa saat ini teknologi semakin canggih dan kecanggihan tersebut telah memberikan banyak keuntungan bagi kita di berbagai bidang. Salah satu bidang yang kini begitu akrab dengan teknologi adalah bidang jual beli. 

Teknologi hadir untuk memudahkan segala urusan manusia. Teknologi hadir untuk memberikan manfaat kepada kita. Salah satu bentuk perubahan yang terjadi karena pengaruh kemajuan teknologi adalah maraknya e-commerce di sekitar kita. E-commerce sendiri merupakan aktivitas jual dan beli yang dilakukan melalui jaringan elektronik seperti internet. 


Jenis-Jenis E-Commerce 

E-commerce yang muncul saat ini terbagi menjadi beberapa jenis. Hal ini terjadi karena perubahan jaman dan teknologi membawa e-commerce terus berkembang sehingga bisa dibedakan menjadi berbagai jenis. Berikut adalah 7 jenis e-commerce yang perlu anda ketahui :

1. Business to Consumer (B2C) 

B2C merupakan aktivitas jual beli online yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan konsumen akhir. Jenis e-commerce yang satu ini merupakan yang paling sering kita jumpai. Produsen langsung menjual produknya kepada konsumen akhir. B2C juga dinilai sebagai jenis e-commerce yang mudah dan dimanis.

2. Business to Business (B2B) 

B2B merupakan aktivitas jual beli online yang dilakukan oleh perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. E-commerce B2B Indonesia biasa dilakukan oleh produsen maupun pedagang tradisional.

3. Consumer to Business (C2B) 

C2B adalah jenis e-commerce dalam bentuk pembalikan antara konsumen dengan perusahaan. Sebagai contoh, konsumen menyediakan jasa atau produk dan ditawarkan kepada perusahaan yang membutuhkan jasa atau produk tersebut.

4. Consumer to Consumer (C2C) 

C2C adalah aktivitas jual beli menggunakan jaringan elektronik yang dilakukan antar konsumen. Sistem e-commerce juga sangat akrab dengan kita. Contoh e-commerce C2C yang ada di sekitar kita antara lain adalah bentuk marketplace yang mengumpulkan penjual untuk berjualan langsung melalui website yang tersedia.

5. Business to Administration (B2A) 

B2A adalah e-commerce yang terjadi antara perusahaan dengan administrasi publik. Jenis e-commerce yang satu ini biasanya langsung berhubungan dengan pihak pemerintah. B2A bisa melibatkan banyak sekali jenis layanan seperti ketanagakerjaan, jaminan sosial, hukum, dan lain sebagainya.

6. Consumer to Administration (C2A) 

C2A adalah e-commerce yang terjadi antara individu dengan pihak administrasi publik. Salah satu contoh mudah dari jenis e-commerce C2A adalah pembayaran pajak masyarakat yang saat ini bisa dilakukan secara online. Asuransi kesehatan juga menjadi contoh e-commerce C2A karena masyarakat bisa membayar asuransi secara online.

7. Online to Offline (O2O) 

O2O merupakan e-commerce yang akan membawa konsumen dari saluran elektronik atau online menuju layanan toko yang sifatnya offline. Secara mudah, konsep dari e-commerce ini adalah produsen akan memberikan ajakan kepada konsumen secara online namun konsumen kemudian dialihkan untuk melakukan transaksi secara offline. 

Itulah tadi 7 jenis e-commerce yang ada saat ini. Pada awalnya, e-commerce mungkin tidak terbagi menjadi banyak jenis. Seiring dengan perkembangan jaman, e-commerce kemudian terbagi menjadi banyak jenis. Jenis-jenis e-commerce mungkin bisa berkembang lagi seiring dengan perkembangan waktu di masa depan.  

Salah satu jenis e-commerce yang saat ini sedang banyak diperbincangkan adalah e-commerce B2B. B2B adalah e-commerce yang terjadi antar perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing perusahaan. Salah satu contoh E-commerce B2B Indonesiaadalah Blibli.com.

0 komentar:

Posting Komentar