Kamis, 08 Maret 2018

Tips Aman Berbelanja di Toko Online Internet

Juyinzu - Setiap hari kita menemui orang berbelanja. Entah untuk memenuhi kebutuhan atau sekedar memenuhi keinginan saja. Di era modern kini banyak orang menyukai segala sesuatu yang serba instan. Seperti dalam hal berbelanja. Tidak hanya toko, supermarket, outlet atapun kios saja kini lebih berkembang lagi. Orang lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memperoleh penghasilan. Contohnya adalah dengan membuat toko online atau yang dikenal dengan e-commerce. Sekarang banyak orang menggunakan media sosial atau mendaftarkan diri untuk membuka bisnis online. 

Ada banyak sekali situs belanja yang sekarang sudah diiklankan. Selain karena mudah dan cepat, dengan website di internet pembeli tidak perlu kesulitan harus pergi ke banyak tempat untuk sekedar mencari barang yang diinginkannya. Situs belanja online menawarkan berbagai barang yang mungkin anda cari. Biasanya toko online ada yang menjual khusus barang tertentu ataupun berbagai kebutuhan yang anda inginkan. Marketplace khusus seperti pakaian, tas, sepatu, perabotan rumah tangga/furniture, buku, makanan, kebutuhan bahan pangan dan-lain-lain.


Online Shop juga menawarkan berbagai kelebihan yang membuat orang terdorong untuk berbelanja secara online.  Diperkiran situs ini akan terus diminati dan dijadikan sebagai ladang membuka usaha sampai beberapa tahun. Bagi anda yang suka berbelanja secara online sebainyak anda juga harus berhati-hati karena berbelanja dengan cara online tentunya anda tidak langsung mengetahui barang yang anda beli.  

Ada beberapa yang harus anda perhatikan dalam berbelanja di situs online agar aman. Diantaranya adalah:

1. Teliti dahulu situsnya sebelum berbelanja

Anda perlu mengenal dulu situs yang anda gunakan untuk berbelanja sebelum anda menjatuhkan pilihan anda. Jika perlu anda bisa memeriksa kontak dari website tersebut. lihat di kolom komentar hasil testimoni dari pelanggan sebelumnya apakah menyenangkan atau kurang recommended. Jika meragukan maka carilah toko online lainnya.

2. Mencari tahu Ecommerce yang aman dan terjamin

Ada banyak toko online ditayangkan di internet sebenarnya, di tv atau di melalui media sosial. Dari situ anda pasti bisa menilai apakah situs tersebut benar-benar terjamin aman atau tidak. Kebanyakan marketplace Indonesia yang sering muncul di tv akan lebih terjamin keamananya dan kualitasnya. Karena situs tersebut pasti berani membayar iklan mahal untuk membangun kepercayaan kepada konsumen. Akan mengambil resiko besar pula jika terjadi penipuan di situs tersebut.

3. Lihat Kualitas Barang dari Deskripsinya

Sebelum anda membeli barang secara online sudah barang tentu anda harus super hati-hati, karena barang yang anda beli secara online tidak menjamin kualitasnya. Selain anda tidak bisa melihat secara langsung, juga sudah banyak terjadi penipuan berkedok foto barang, sehingga orang percaya bahwa barang yang akan dibeli benar-benar bagus. Jadi anda juga perlu membac spesifikasi barang da kualitasnya melalui deskripsi barang.

4. Lihat kualitas bukan harga yang murah

Sudah sewajarnya pembeli membanding-bandingkan harga dari toko satu ke toko lainnya. Mencari harga yang lebih murah dan berkualitas. Ada sebagian toko yang memang harganya murah kualitas yang ditawarkan juga bagus. Namun tidak sedikit website tersebut yang menawarkan harga murah hanya untuk menarik minat pembeli. Dengan gamabr yang dipajang walaupun tidak sesuai tujuan utama adalah menarik minat pembeli terlebih dahulu. Disinilah anda perlu berhati-hati ada banyak kasus pembeli yang complain karena tidak cocok dengan gambar dan tentu saja harganya murah. Seharusnya anda juga berfikir rasional barang murah apakah menjalin kualitas atas?

5. Hindari penipuan dalam pembayaran

Saat inilah yang membuat anda harus ekstra hati-hati dalam menentukan lewat mana anda harus membayar. Melalui rekening ataukah kartu kredit dan sejenisnya. Setelah melakukan transaksi tentunya anda harus secepatnya mengirim bukti bayar dan alangkah lebih amannya lagi jika anda membayar melalui transfer atau Cash On Delivery (COD) karena banyak terjadi pencurian kartu kredit.

6. Simpan dahulu bukti transaksi

Anda mungkin menganggap setelah transaski anda tidak membutuhkan bukti tersebut dalam jangka waktu yang lama. Ini sangat berguna menghindari jika situs online tempat anda berbelanja mengalami mis komunikasi. Sehingga anda tenang karena masih memiliki bukti pembayaran.

7. Perhitungkan Ongkos Kirim

Jika anda sudah cocok dengan barang yang akan anda beli ada satu lagi yang harus anda perhatikan untuk mengehemat biaya pengeluaran anda yaitu ongkos kirim. Ongkos kirim ini tergantung jasa pengiriman yang dipilih oleh situs online bersangkutan. Namun anda tetap harus memperhitungkannya. Jangan sampai terlalu mahal dari pada barang yang anda pesan. Untuk anda yang membeli barang dari situs luar negeri juga demikian bisa jauh lebih mahal. Maka anda perlu mencari situs online yang hemat ongkos kirim. Apalagi di beberapa situs online bahkan menawarkan gratis.

8. Bea cukai untuk pembelian internasional

Jangan lupa dengan bea cukai untuk anda yang suka membeli barang dari luar negeri. Biasanya terdapat pajak yang dikenakan sesuai dengan jumlah barangnya. Ketentuannya jika barang yang anda beli tidak melebihi 50 USD maka anda tidak dibebankan bea cukai. Namun jika harga barang melebihi 50 USD maka akan dikenakan bea cukai. Jika dikenakan bea cukai maka anda harus menebus barang anda di kantor pajak untuk menebusnya.

9. Cek Pesanan

Hal penting yang anda lakukan sebelum barang sampai di tempat adalah mengecek kembali barang pesanan anda. Ada baiknya anda mengingatkan kembali toko tersebut tentang barang pesanan anda beserta kualifikasinya.

10. Tidak sembarangan dalam memberikan informasi

Terlihat simpel tetapi penting untuk anda berhati-hati saat berbelanja di situs online. Anda harus berhati-hati dalam memberikan informasi identitas diri anda. Serta simpa password anda dengan aman. Biasanya anda dituntut untuk memiliki akun belanja di suatu situs belanja tertentu.

Adanya internet jelas mengubah gaya hidup masyarakat modern untuk berbelanja dan memanfaatkan fasilitas yang ada. Namun sebagai konsumen yang canggih anda juga harus pintar dalam berbelanja. Jangan hanya karena trend lalu anda dengan buru-buru membeli tanpa berhati-hati. Walapun tidak semua situs online shop melakukan penipuan. Dan tentunya anda juga perlu mengelola keuangan anda. Konsumen yang pintar seharusnya pandai dalam mengelola uang. Cek anggaran belanja anda sebelum mengunjungi website untuk memborong berbagai jenis belanjaan. 

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk shopping? Anda tidak perlu kawatir kini sudah banyak website belanja di internet tersedia untuk membantu memenuhi kebutuhan anda. Baik nasional maupun internasional. Namun anda juga harus berhati-hati dengan memperhatikan tips-tips yang sudah dijelaskan, karena sudah banyak terjadi kasus-kasus penipuan belanja di situs-situs marketplace. Pada beberapa kasus di website toko online biasanya mereka melakukan tagging foto di media sosial. Hal ini mungkin wajar untuk mempromosikan barang tersebut. tapi anda jangan mudah tergiur selidiki dulu situs tersebut. Buatlah shopping anda menjadi menyenangkan dengan menjaga keamanan.

0 komentar:

Posting Komentar