Rabu, 11 Oktober 2017

5 Keuntungan Tinggal di Kota Administrasi Jakarta Timur Daripada Kota Lainnya


Pelayanan publik selalu dilematik untuk sebuah kota. Apakah ingin fokus ke pembangunan atau pelayanan publik. Untungnya, kalau Anda membeli rumah murah di Jakarta Timur dan menetap di sana, kegamangan itu akan sirna. Kedua sisi yang dilematik itu nyatanya bisa berjalan beriringan. Tidak percaya?

1.    Anda akan Banyak Dapat Kesempatan Kerja

Dampak dari pembangunan yang rutin adalah terbukanya kesempatan kerja yang melimpah. Investor dari luar daerah, bahkan luar negeri akan terus berdatangan. Mereka melihat potensi besar yang menguntungkan saat geliat kemajuan kota tengah menjadi-jadi.

Sementara bagi Anda, kerja sama antara pemerintah dengan investor akan membuka banyak peluang pekerjaan. Jika semula Anda banyak menganggur, di Jakarta Timur Anda akan banyak menemukan pekerjaan sesuai skill. Bukan hanya untung-untungan berdasarkan formalitas ijazah saja.

2. Kelengkapan Sarana dan Prasarana untuk UMKM

Usaha mikro kecil dan menengah masih jadi tren di Jakarta Timur. Pasalnya, banyak sebenarnya anak muda kreatif di negeri ini. Tidak harus bekerja di bawah naungan apabila telah lulus sekolah. Tetapi bisa membuka sendiri dan menaungi orang banyak dengan bikin usaha, meskipun sebatas mikro.

Gagasan dan dukungan UMKM tampaknya akan terus diberdayakan menjelang pergantian gubernur. Untuk Anda yang gemar berspekulasi dalam usaha, siap-siap ketiban durian. Apalagi jika Anda membentuk kelompok usaha. Silakan bikin usaha mikro, misalnya di bidang kuliner.

Begitu kelompok usaha sudah berjalan, support dari pemerintah akan berdatangan. Itu juga tergantung portofolio maupun kekuatan ajuan proposal Anda ke Pemda. Namun di sini bukti kerja yang lebih penting. Berapa pun bantuan yang didapat dari pemerintah, sebaiknya fokus ke usaha saja.

3. Adanya Berbagai Penyuluhan tentang UMKM

Penyuluhan-penyuluhan seperti inilah yang tidak banyak dilakukan oleh kota lain. Padahal tidak semua masyarakat berani melangkah bikin usaha sendiri dari 0. Mereka butuh dorongan serta arahan yang tepat. Berdasar fakta itu, pemerintah Jakarta Timur menangkap sinyal bagus. Apa itu?

Potensi dalam pembentukan sikap sebagai pelaku usaha mandiri. Meski kemungkinannya 1%, asalkan belum 0%, maka program pemberdayaan UMKM masih bisa berjalan. Meskipun perlu usaha cukup keras. Bukan tidak mungkin apabila kota yang semula malas, bisa berubah giat.

Untuk itulah, dorongan motivasi dari luar sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Terutama untuk Anda yang telah menempati rumah murah di Jakarta Timur dan ingin mendirikan usaha. Para penyuluh biasanya dari kalangan profesional. Jadi tidak mungkin menyesatkan.

4. Banyak Didirikan Fasilitas Pendukung Pelatihan Kerja

Saat ini, pelatihan kerja yang digaungkan oleh pemerintah sudah menyebar ke seluruhh daerah. Utamanya, mereka menyasar kaum yang berpendidikan minimal (seperti SD-SMP), untuk dilatih sebelum terjun ke medan persaingan kerja. Sangat disarankan kalau Anda masih baru di Jakarta.

Tidak perlu dipungkiri kalau pendidikan di sekolah 9 tahun (SD, SMP, SMA), belum memenuhi kriteria berpendidikan khusus. Masih umum. Alias hanya membentuk sikap awal karena jurusan-jurusannya masih terlalu umum. Belum sekhusus saat sudah berada di tingkat universitas.

Sayangnya, tidak banyak orang berkesempatan belajar di universitas. Terutama untuk kalangan bawah. Mereka mentok hanya di SMP. Setelah itu kerja serabutan asalkan dapat uang. Adanya program pelatihan kerja, ingin bicara banyak tentang potensi yang bisa dikerjakan kaum kecil tersebut.

Berbagai jurusan, seperti menjahit, las, dan lainnya akan diperdalam saat latihan di sana. Jadi, pendidikan yang tidak didapatkan semasa sekolah bisa dengan didapat dengan gratis. Tidak hanya itu. Setiap kali peserta mengisi daftar hadir, akan ada suntikan dana insentif, meski minim.

5. Adanya Optimalisasi Pendayagunaan Teknologi Komputer

Teknologi komputer sering disamakan dengan TIK. Sementara pelakunya yang telah menguasai akan dianggap punya softskill. Dalam pembangunan era modern, pemerintah juga bergerak dalam bidang komputer. Munculnya banyak startup telah membua mata masyarakat secara luas.

Pemerintah pun meyakini bahwa Indonesia banyak memiliki generasi yang meminati dunia programming. Ini bisa dibuktikan dari meningkatnya jumlah aplikasi yang diciptakan anak negeri dan dijual di toko online, seperti Play Store, misalnya. Sementara pemerintah juga membutuhkan keahlian itu.

Maka, tidak perlu waktu lama. Hadirlah pelayanan publik seperti Go-Jek, Grab, dan lain-lain. Meski masih dibantu sedikit oleh programmer dari luar, tapi kendali seutuhnya tetap milik kreator dalam negeri. Tidak seperti dulu yang banyak rekrut orang luar untuk membangun aplikasi untuk publik.

Selain itu, apabila Anda punya problem soal pengurusan dokumen lebih mudah saat tinggal di Jakarta Timur. Untuk itulah, tidak ada yang percuma saat Anda membeli rumah murah di Jakarta Timur untuk hunian tetap. Sewaktu-waktu Anda ingin pindah, capital gain yang Anda terima akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

0 komentar:

Posting Komentar