Sabtu, 26 Agustus 2017

Tips Mengumpulkan Biaya Untuk Menikah

Niatan untuk menikah memang bisa membuat orang untuk berpikir jauh ke depan. Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang ragu atau bahkan ketakutan untuk menikah dengan besarnya gaji yang mereka miliki.

Tak heran sebenarnya bila banyak orang yang berpikir bahwa menikah itu menakutkan - tak hanya karena menjalani kehidupan rumah tangga saja, namun juga biaya untuk melangsungkan pernikahan yang terbilang begitu
besar.

Menyelenggarakan pernikahan, terutama di kota besar memang bisa menghabiskan budget hingga ratusan juta. Bahkan untuk beberapa orang menikah bisa menghabiskan dana hingga miliaran.

Lalu, bisa begini, apa sudah tak mungkin untuk menyelenggarakan pernikahan bila Anda hidup di kota besar? Mungkin kok. Asalkan saja, Anda sudah siap menabung jauh-jauh hari sebelumnya.

Nah, lalu bagaimana bila gaji Anda hanya Rp 3 jutaan? Yang sebenarnya adalah gaji standar sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Jangan takut dulu karena kami memiliki 7 tips dan trik untuk menabung seperti di bawah ini, seperti mengutip cermati.com,

1. Jumlah Tabungan


Bagaimana mengatur jumlah tabungan bila gaji yang diterima setiap bulan adalah Rp3 juta?

Tabungan paling ideal adalah 30 persen dari jumlah total pendapatan. Jumlah total pendapatan sebelum pengeluaran apapun ya!

Namun karena ini adalah tabungan untuk pernikahan, maka rasanya wajar bila menabung pun berdua dengan pasangan.

Jadi perhitungannya, dari Rp 3 juta, tabungan 30 persen dalam satu bulan adalah Rp 900 ribu maka berdua dengan pasangan dalam satu bulan sudah akan menabung Rp1,8 juta. Bayangkan saja bila perhitungan ini diteruskan hingga satu tahun, jumlah tabungan akan menjadi Rp21,6 juga dan selama dua tahun akan menjadi Rp 43,2 juta.

2. Pernikahan sederhana
Memang, dengan gaji satu bulan hanya Rp 3 juta, akan sangat sulit untuk menyelenggarakan pesta pernikahan mewah besar-besaran. Karena itu, merencanakan pernikahan yang sederhana namun memiliki makna dan kesan mendalam akan lebih mungkin.

Selain itu, pesta yang sederhana seharusnya membuat Anda tak perlu terlalu repot menabung ataupun untuk merencanakan keuangan yang benar-benar mendetail.

Pernikahan yang sederhana ini seperti tak perlu menyewa ballroom hotel untuk pesta pernikahan, atau bahkan menggunakan vendor-vendor yang belum begitu dikenal namun memiliki rekomendasi yang bagus.

3. Perhatikan pengeluaran


Memperhatikan pengeluaran menjadi hal berikutnya yang harus benar-benar Anda lakukan bila berencana untuk menabung untuk pernikahan. Bukan hanya memperhatikan pengeluaran dari jumlah pendapatan - yang akhirnya sudah berkurang banyak untuk tabungan pernikahan, namun juga untuk pernikahan itu sendiri.

Ketika sudah berencana untuk menggelar pesta pernikahan yang sederhana, maka seharusnya dengan jumlah tabungan tersebut Anda sudah akan mampu menyewa gedung, membayar biaya katering dan lain sebagainya bila benar-benar bisa mengatur pengeluaran.

4. Foto Pre Wedding

Walau sederhana, perlu diingat pula bahwa momen pernikahan adalah momen sekali seumur hidup. Karena itu buatlah pesta pernikahan yang paling berkesan. Termasuk juga untuk foto pre wedding.

Foto Prewedding, yang bisa menghabiskan banyak biaya harus menjadi satu pertimbangan tersendiri. Misalnya dengan menggunakan jasa teman dekat yang memiliki hobi fotografi, atau bahkan menggunakan foto-foto yang menunjukan perjalanan cinta kalian berdua. Selain hemat, juga romantis, dan penuh makna.

5. Manfaatkan teman


Bila sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai menggunakan jasa teman untuk fotografi pre wedding, bagaimana bila menggunakan jasa teman yang lain pula untuk beberapa aspek yang lain? Misalnya untuk dekor, atau untuk desain undangan dan untuk dokumentasi pernikahan.

6. Gunakan Wedding Organizer?


Sebaiknya jangan! Karena bagaimana pun, Wedding Organizer akan menghabiskan cukup banyak dana.

Mempersiapkan pernikahan sendiri memang kedengarannya repot, namun ini tentu bisa menghemat pengeluaran dan memberi Anda kebebasan untuk mengatur pesta pernikahan itu sendiri.

7. Konsumsi sederhana

Namanya juga pernikahan yang sederhana, tak heran bukan bila makanan yang dihadirkan juga sama sederhananya? Namun perlu diingat, meski sederhana, menu makanan pun menjadi salah satu perhatian penting, jadi pastikan makanan yang Anda hidangkan nantinya tetap enak, favorit semua tamu, serta tentunya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar