Sabtu, 26 Agustus 2017

Bahaya Vaping Bagi Kesuburan Pria

Bahan kimia beracun dalam liquid rokok elektrik membuat sperma berenang lebih lambat dan pria berisiko mengalami kerusakan sel-sel di testis. Dalam studi terbaru, liquid kayu manis dan bubblegum (permen karet) dinilai mampu membunuh sel-sel pada testis yang membantu produksi sperma.

Hal ini akan berujung, mengisap rokok elektrik dapat merusak kesuburan pria karena DNA pada sperma rusak. Padahal, rokok elektrik dipromosikan sebagai cara alternatif untuk mengantisipasi kecanduan merokok.

Namun, para peneliti di University College London, Inggris menemukan, ketika rokok tidak mengandung nikotin, liquid rokok elektrik bisa memengaruhi peluang pria untuk membina sebuah keluarga.

Uap aerosol yang keluar dari perangkat elektronik saat dipanaskan sampai 300C juga mengandung bahan kimia penyebab kanker, termasuk formaldehida (senyawa kimia terbentuknya gas).

Penemuan ini pun datang dari University of Salford, yang menemukan liquid rokok elektrik, seperti butterscotch dan mentol berisiko terjadinya kerusakan paru-paru, yang membunuh sel bronkial (sel pada area pernapasan).

Perasa kayu manis


Aroma kayu manis dalam liquid rokok elektrik membahayakan sperma. Jenis kayu manis yang beracun berupa coumarin (kumarin). Coumarin merupakan jenis kayu manis yang kualitasnya lebih rendah dari kulit kayu manis. Pada umumnya, coumarin ditemukan pada liquid yang dijual di Inggris dan buatan Tiongkok.

Dr Helen O'Neill, yang mempresentasikan temuannya di British Fertility Conference di Edinburgh pada Kamis (5/1/2017) mengatakan, rokok elektrik yang dipromosikan sebagai alternatif merokok tetap punya efek berbahaya.

Sesuai laporan pada laman Mail Online, Senin (9/1/2017), ada tujuh ribu perasa berbeda dari rokok elektronik, khususnya peneliti menguji dua liquid yang paling populer, yaitu kayu manis dan permen karet. Uji klinis juga dari perangkat rokok elektrik yang hanya mengandung propylene glycol (cairan untuk memproduksi uap rokok elektrik).

Uji klinis

Sampel sperma diambil dari 30 pria, yang diuji berdasarkan rata-rata intensitas merokok dan kebiasaan lainnya. Para peneliti menemukan, sperma yang terpengaruh cairan perasa bergerak lebih lambat. Dampak terbesar terlihat pada perasa kayu manis.

Para pria, yang menjalani IVF (program bayi tabung) tapi memiliki sperma yang sehat, tidak dapat menggunakan perangkat rokok elektrik secara langsung, melainkan liquid tanpa nikotin dimasukkan ke dalam sperma.

Dr O 'Neill mengatakan, bahan kimia bubblegum dapat membahayakan kesuburan pria melalui racun yang dihasilkan saat dipanaskan dalam rokok elektrik. Temuan ini diterbitkan pada jurnal Science Progress pada bulan ini.

Seluruh perasa beracun


Tim peneliti mempelajari 20 isi ulang liquid, yang terdiri atas sembilan rasa (cherry, stroberi, ice mint, menthol, tembakau, blueberry, vanilla, permen karet, dan butterscotch). Seluruh sampel dibeli dari toko, ahli kimia, dan internet.

Dalam tes laboratorium pada sel bronkial manusia, semua perasa berpotensi meracuni tubuh. Butterscotch dan tembakau termasuk kategori buruk.

"Ketika dihirup, beberapa liquid terbukti beracun, terlebih lagi saat menyentuh sel bronkial. Jika terlalu lama terkena, maka akan membunuh sel bronkial," jelas Dr Patricia Ragazzon dari Biomedical Research Centre.

0 komentar:

Posting Komentar